Network yang menggunakan Wireline dan Wireless

Network yang menggunakan Wireline dan Wireless

A = Jakarta

B = Bandung

Jakarta – Bandung memiliki jarak sekitar 150 Km, sehingga di butuhkan beberapa perangkat supaya perangkat dari Jakarta bisa sampai ke Bandung (atau biasa kita sebut perangkat di antara perangkat asal dan tujuan adalah perangkat repeater yang fungsinya hanya merepeaterkan atau menguatkan sinyal/gelombang yang ada pada sistem tersebut. sehingga menurut Media perantaranya telekomunikasi mempunyai 2 Macam yaitu:

1. Wireline adalah sistem transmisi yang memiliki media atau perantaranya adalah kabel atau nyata (ada bentuknya bisa kita pegang) wireline merupakan transmisi yang memiliki kapasitas lebih besar daripada lawannya (Wireless). adapun contohnya adalah Kabel Optik, Kabel Tembaga, Kabel Coaxial, Kabel LAN, dll. (saat ini ada kabel laut yang mana isinya merupakan kabel optik yang di bungkus lebih tebal daripada kabel optik biasa-kabel ini di gelar melintasi selat ke selat, pulau ke pulau, negara ke negara, sebutannya biasanya Submarine Cable). adapun Topologi PSTN terdiri dari:
– kabel tembaga (primer → sekunder → dropwire → kabel pvc (IKR).
– Broadband Services : Coaxial, Fiber Optic, hybrid Fiber Coax

2. Wireless adalah sistem transmisi yang memiliki media atau perantaranya adalah gelombang udara atau tidak nyata (tidak ada bentuknya tidak bisa kita pegang). adapun contohnya adalahsebagai berikut:

– Jaringan akses selular : GSM/CDMA
– Jaringan akses satelit : VSAT
– Jaringan akses : Wifi/WiMAX