Taman Kanak-kanak (disingkat TK) jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anakmemiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Lama masa belajar seorang murid di TK biasanya tergantung pada tingkat kecerdasannya yang dinilai dari rapor per semester. Secara umum untuk lulus dari tingkat program di TK selama 2 (dua) tahun, yaitu:

  • TK 0 (nol) Kecil (TK kecil) selama 1 (satu) tahun
  • TK 0 (nol) Besar (TK besar) selama 1 (satu) tahun

Umur rata-rata minimal kanak-kanak mula dapat belajar di sebuah Taman Kanak-kanak berkisar 4-5 tahun sedangkan umur rata-rata untuk lulus dari TK berkisar 6-7 tahun. Setelah lulus dari TK, atau pendidikan formal dan pendidikan nonformal lainnya yang sederajat, murid kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi diatasnya yaitu Sekolah Dasar atau yang sederajat.

Di TK Islam Amali, kanak-kanak diberi kesempatan belajar dan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usia tiap tingkatannya. Siswa diajarkan mengenai hal ihwal berikut ini:

  • Agama Islam
  • Budi bahasa
  • Berhitung
  • Membaca (lebih tepatnya mengenal aksara dan ejaan)
  • Bernyanyi
  • Bersosialisasi dalam lingkungan keluarga dan teman-teman sepermainannya
  • Berbagai macam keterampilan lainnya.

Tujuannya yaitu meningkatkan daya cipta kanak-kanak dan memacunya untuk belajar mengenal bermacam-macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan nilai budi bahasa, agamasosialemosional, fisik/motorik, kognitif, bahasa, seni, dan kemandirian. Semua dirancang sebagai upaya menumbuhkembangkan daya pikir dan peranan anak kecil dalam kehidupannya. Semua kegiatan belajar ini dikemas dalam model belajar sambil bermain.

Taman Kanak-Kanak Islam Amali termasuk TK Islam yang mana lebih mengajarkan tentang Agama Islam, seperti cara solat biasanya di lakukan setiap hari jumat pagi, cara membaca Iqro, hadis, tata cara yang baik, dan lain-lain. TK Islam Amali berada di dalam lingkungan Komplek Puri Kartika, Kelurahan Tajur, Ciledug – Tangerang. di sana banyak sekali permainan yang mengajarkan banyak hal.  Kepala Sekolahnya adalah Ibu Susi. dia tinggal di sebelah TK Islam Tersebut.

Berikut ini Lulusan TK islam Amali Tahun 1990,