Untuk orang2 telekomunikasi mereka pasti mengetahui arti dua kata tersebut…. ya dua2nya merupakan penghubung antara satu MSC/BTS/BSC dll dari satu tempat ke tempat yang lain….. selama 5 tahun terakhir yang gw ketahui tentang kabel optik dan antena mempunyai perbandingan 80 : 20,,,, gw sedikit nyesel kenapa gw ga ampe tahu banyak tentang antena ….. ceritanya begini kemaren gw baru aja kuliah tentang Antena dan propagasi (oh ya sebelumnya gw mau ngasi tau gw masih kuliah di PKSM[perkuliahan sabtu minggu] Mercubuana, yang isinya karyawan2 yang ingin menuntut ilmu lebih banyak, adapula pengangguran yang ingin gampangnya saja dengan mengikuti kuliah sabtu minggu karena ingin libur lebih banyak……) dosennya Pa mudrik alaydrus….banyak yang bilang susah banget lulusnya kalo dosennya dia… gw termasuk salah satu mahasiswa yang ga lulus mata kuliahnya…. karena kepotong ama session merried gw….. www.tririsa.weddingpath.co.uk – situsnya udah di block karena gw pake yang gratisan… :(( balik lagi ke Pa Mudrik dia punya blog di Blognya dia nih ,, semester lalu gw ga terlalu memperhatikan bener2 pelajarannya karena pikirin gw pada semester itu hampir 98% mengarah ke pernikahan gw (yang mana hari paling sakral dalam idup gw….) sabtu kemaren pas dia ngajar gw perhatiin bener2 bahwa Antena merupakan salah satu hal yang paling penting di dalam komunikasi tanpa kabel…(ga nyata gitu jalurnya…) dia ngasi motivasi bahwa antena itu merupakan dasar utama dalam sistem transmisi wireless….. gw setuju banget setelah dia jelasin panjang lebar arti sebuah antena….   dulu waktu gw ngerjain proyek salah satu operator besar dari Jawa Barat sampe Lombok….. proyeknya gabungin multiplek yang keluarannya kabel optik di sambungin dengan perangkat radio SDH…(kapasitas STM-1 ) saat itu gw belajar sedikit tentang arti Antena (ada radio pasti ada antena) karena main job gw cuma ngerjain multiplek TDMnya aja… jadi tinggal jumper aja kabel optik ke arah radionya…. dalam kabel optik tidak ada perencanaan khusus seperti radio…  kalo di optik parameternya hanya berapa lambdanya, jaraknya, type modulnya apa Long haul / short haul, redamannya… kalo di wireless ada perencanaan khusus seperti yang di bilang ama pa mudrik… seperti link budget, topografi bumi, cepat rambat udara, gain, Feeder, type antena dan masih banyak lagi istilah yang menuru orang optik aneh2…. untuk menentukannya perlu penghitungan yang sedikit rumit… di bandingkan dengan optik , radio lebih rumit untuk perencanaannya….

di liat dari gambar networknya…. kabel optik ada physicalnya… berarti perlu nanem kabelnya di jalanan/di sangkutin di tiang listrik….. coba kalo di liat radio cuma butuh antena di A dan B maka bisa komunikasi… tapi ya itu kalo radio kapasitas sedikit / kecil tidak seperti optik yang kapasitas dan kualitasnya lebih bagus… akan tetapi jaringan radio kalo ada gempa seperti di padang maka masih bisa Oke… asal PLNnya idup…ya.. karena ga ada pengaruh sama tanahnya longsor atau sebagainya…. kalo optik kalo tanahnya longsot atau ambles maka kabelnya putus semua…. tapi semua transmisi pasti ada lebih kurangnya…. gw akan belajar banyak lagi tentang antena n radio…(komunikasi gaib/tanpa kabel…) karena menurut gw belajar ilmu sebanyak2nya supaya kita ga keliatan telmi kalo di tanyain ama orang…. hehehehexxx.