Masalah adalah sesuatu yang harus di hadapi oleh siapapun di dunia ini. masalah itu bermacam-macam jenisnya tergantung dari perspektif mana kita menilainya. Ada masalah yang timbul bukan karena kehendak kita,, seperti ketilang sampai 2 kali dalam waktu seminggu atau ada gangguan karena kabel optic terputus. Ketika masalah itu datang, kadangkala kita tidak bisa berpikir dengan jernih atau tidak bisa menyelesaikan masalah itu dengan cepat. Tip n trik saat mendapat masalah adalah dengan cara menerima terlebih dahulu masalah tersebut kemudian coba rangkai permasalahan tersebut menjadi sederhana. Untuk mendapatkan permasalahan tersebut menjadi sederhana kita membutuhkan ketenangan yang sangat super, gw akuin sampai saat ini gw masih belajar untuk mendapatkan ketenangan itu. Bagi sebagian orang yang punya ketenangan bisa dengan mudah untuk melakukan itu, tapi bagi orang yang masih belum tenang pasti dengan perlahan akan mendapatkan ketenangan itu dengan sendirinya (mungkin semakin banyak pengalaman maka akan semakin tenang pula kita menghadapi masalah). Masalah itu bisa menimbulkan pikiran yang membuat kita pusing tujuh keliling, harapan kita saat mendapat masalah adalah bagaimana caranya masalah itu cepat selesai tapi untuk hal itu kita butuh satu kata yang mungkin sering kita dengar, jawabannya adalah waktu. Waktu itu yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin,, mengisinya dengan solusi-solusi bagus, cepat dan tepat untuk pemecahan masalah tersebut tanpa merugikan orang lain.

Dalam Al-Quran surat ke 94 ayat ke 6 yang mempunyai arti “sesungguhnya di dalam kesulitan pasti ada kemudahan” jadi apabila kita mendapatkan permasalahan jangan takut untuk menghadapi karena permasalahan yang sulit pasti ada kemudahannya.

Seperti kutipan dari Dale Carnagie mengatakan “ Orang-orang negro yang hidup di wilayah selatan dan orang-orang cina sangat sedikit yang terserang penyakit liver yang di sebabkan oleh kesedihan. Hal ini di sebabkan karena mereka menghadapi segala permasalahan dengan cara yang tenang.” Kemudian dia melanjutkan “jumlah orang amerika yang mencoba melakukan bunuh diri lebih banyak daripada yang meninggal karena terserang oleh lima penyakit yang mematikan” ini adalah kenyataan yang hampir tidak bisa di percaya. Jadi serumit apapun masalah yang datang maka hadapilah semuanya dengan hati yang lapang dan perasaan yang tenang.

Hadapi masalah dengan ketenangan……