Best of the best blog prime:
Best of the best blog runner up:
education blog
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dengan jumlah penutur terbesar di dunia. Keharusan untuk menguasai bahasa yang satu ini menjadi sebuah syarat mutlak bagi siapa saja yang ingin menjadi warga dunia, terlebih lagi di era ultra modern seperti saat ini. Indonesia bukanlah negarar native penutur bahasa Inggris. Artinya, orang Indonesia wajib belajar bahasa Inggris untuk dapat menguasainya. Pilihan yang paling populer biasanya adalah mengikuti les bahasa Inggris di tempat les yang tersebar di banyak tempat mulai dari kota kecil hingga ke kota besar. Di internet, ilmu itu bisa dibilang nyaris gratis. Bagi yang ingin belajar bahasa Inggris tanpa biaya hanya membayar koneksi internet, dapat menengok blog englishonline.blogdetik.com. Pelajaran bahasa Inggris dari tingkat dasar basic sampai tingkat lanjut advanced bisa diperoleh. Ayo, saatnya fasih berbahasa Inggris!
inspiring blog
Menuntut ilmu di luar negeri, terlebih di Eropa, barangkali adalah impian banyak orang di Indonesia. Eropa, sebagai bagian dari sesuatu yang disebut ‘Barat’, dianggap memiliki peradaban yang lebih tinggi ketimbang di Tanah Air. Tapi apakah selamanya hidup di Eropa itu cuma berisi hal-hal indah saja? Coba tengok blog rindupulang.blogspot.com. Dari namanya saja, pembaca akan tahu bahwa meski saat ini sang penulis, M Musthafa, pria asli Madura, berdiam di Eropa untuk kuliah, hatinya masih tertinggal di Indonesia. Ada beberapa tulisan di blog ini yang menceritakan pengalaman dan kegamangannya menjalani hidup di Barat, tapi masih lebih banyak lagi tulisannya yang justru mengupas masalah-masalah yang terjadi di Indonesia, seperti tentang bencana yang belakangan kerap melanda Indonesia. Blog ini ditulis dengan bahasa Indonesia yang sangat baik dan EYD yang nyaris tanpa cela. Bahasanya ringan dan mudah dicerna, tapi tetap tidak kehilangan pesonanya untuk memberi inspirasi bagi para pembacanya.
lifestyle blog
Di saat dunia fotografi semakin deras mengalir dalam langgam fotografi digital, masih ada sebagian orang yang justru menemukan kenikmatan dalam mengeksplorasi cara lain dalam mengabadikan sebuah momen. Salah satu yang sedikit berbeda itu adalah lomografi. Lomografi bagai menabrak kaidah-kaidah fotografi yang berlaku secara ‘umum’. Pada prinsipnya, lomografi adalah cara fotografi analog memakai film dengan beberapa ciri khas seperti gaya spontan snapshot, saturasi warna yang tak lazim, blur, dan lain-lain. Blog potolomo.co.cc adalah salah satu blog yang berisi galeri foto-foto yang dihasilkan dari proses lomografi. Meski masih cukup baru, para peminat lomografi bisa menyelami tentang bagaimana proses penciptaan foto dengan teknik lomografi. Syukur-syukur, setelah melihat-lihat galeri di blog ini, pembaca jadi tertarik ber-lomo ria. Just shoot, don’t think!
Setelah melakukan proses verifikasi dan penilaian, bersama ini kami dari tim Internet Sehat menyampaikan bahwa blog berikut di bawah ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 untuk kategori mingguan, Selasa (17/11/2009): http://www.sekadarblog.com (citizen journalist blog) Sepakbola adalah cabang olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga tendang-menendang bola yang dilakukan oleh 22 orang di lapangan hijau ini memiliki penggemar fanatik berjumlah miliaran orang di seluruh dunia. Indonesia, tak terkecuali, adalah salah satu negara dengan jumlah penggemar sepakbola besar. Di dunia maya, ada banyak situs yang mengupas perihal sepakbola ini. Tapi untuk blog dari Indonesia, tidak terlalu banyak jumlahnya. Dari yang sedikit itu, blog sekadarblog.com adalah salah satu blog yang paling konsisten membahas mengenai permainan paling disukai di dunia ini. Dari tulisan-tulisan yang terdapat di blog ini, banyak di antaranya yang membahas persoalan di sepakbola dalam negeri. Mulai dari perilaku anarkis pendukung, sampai ke kritik untuk PSSI. Walau pun terasa pedas, sebenarnya kritik-kritik tentang sepakbola nasional di blog ini justru menunjukkan kecintaan pemilik blog terhadap sepakbola dalam negeri.
(education blog) Banyak yang bilang, dunia hukum adalah dunia yang membingungkan, apalagi bagi masyarakat awam. Begitu banyak kebingungan sehingga akhirnya banyak orang yang alergi dengan istilah ‘hukum’ dan memilih menghindar bila harus berurusan dengan dunia ‘hukum’. Kekhawatiran yang wajar karena dunia hukum dipenuhi oleh aturan-aturan yang bersifat abstrak. Konsekuensinya, penerjemahan dan penerapan aturan hukum bergantung kepada interpretasi masing-masing orang. Dari situlah kemudian muncul ketakutan akan ‘jebakan’ hukum. Namun jangan takut. Ada banyak praktisi di bidang hukum yang bersedia berbagi ilmu dalam bidang hukum di dunia maya ini. Salah satunya adalah blog yusranandpartner.wordpress.com. Di blog itu, pembaca bisa menemukan sejumlah artikel berguna di bidang hukum seperti tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan artikel-artikel lainnya. http://www.astudioarchitect.com (family blog) Papan alias tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan paling mendasar dari seorang manusia. Tempat tinggal adalah tempat di mana manusia berteduh, berlindung dan melakukan serangkaian aktivitas-aktivitas dalam kehidupannya. Sebuah tempat tinggal yang baik tentunya harus memenuhi banyak kriteria. Mulai dari sehat, fungsional dan tak lupa juga menarik secara estetika. Biasanya, untuk mendapatkan sebuah tempat tinggal ideal seperti itu, seseorang yang akan membangun rumah atau merenovasi rumah dapat menggunakan jasa arsitek. Namun untuk mereka yang mungkin tidak memiliki cukup dana untuk menggunakan jasa arsitek, bisa mencari referensi di internet. Blog http://www.astudioarchitect.com adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan rujukan. Tidak cuma menampilkan entry soal serba-serbi membangun rumah, blog ini juga menampilkan konsultasi gratis tentang pembangunan rumah yang Anda inginkan.
Inspiring blog
Menjadi dokter adalah sebuah profesi yang mulia. Seringkali saat menjalankan tugas menolong sesama, dokter harus berhadapan dengan risiko dituntut karena dugaan malpraktik terhadap pasien. Melalui blognya, Yusuf Alam Romadhon yang berprofesi sebagai seorang dokter, berusaha mengajak kita untuk mengenal lebih dekat sosok dokter, yang juga tak lepas dari kekurangan sebagai manusia biasa. Di blog ini kita bisa menyimak berbagai cerita tentang kehidupan sehari-hari dokter, masalah yang harus mereka hadapi, yang selama ini mungkin tidak diketahui masyarakat awam. Kita bisa menemukan cerita tentang beratnya tanggung jawab yang harus diemban seorang dokter. Meski badan letih, ketika ada yang membutuhkan pertolongan, harus siap menjalankan tugas. Terkadang, dalam menjalankan tugas, dokter juga tak luput dari kesalahan. Ini bisa kita jumpai dalam postingan berjudul ‘Salah Otopsi’. Selama ini pandangan yang berkembang di masyarakat, dokter pasti kaya, bermobil, terpandang, siap menolong kapan saja. Namun, dalam blog ini kita diajak untuk melihat realita sesungguhnya dari kehidupan dokter, bagaimana perjuangan mereka saat PTT, dan sebagainya. Dalam blognya, Yusuf juga memposting gambar kartun tentang tips komunikasi efektif antara dokter dan pasien. Masih ada cerita seru lainnya yang bisa kita simak di blog ini.
Lifestyle blog
Banyak orang yang jatuh hati dengan kucing. Binatang yang memiliki bulu lembut dan sikap manja ini sering menjadi binatang kesayangan banyak orang. Salah satu jenis kucing yang banyak mencuri hati adalah kucing Persia. Namun tidak banyak orang yang mengetahui seluk beluk jenis kucing yang satu ini. Lewat blognya, Monalisa Thamrin yang merupakan pecinta kucing ini, berbagi info seputar kucing Persia, mulai dari mengenali tanda-tanda kucing hamil, kucing yang sedang mengalami birahi, tanda-tanda kucing akan melahirkan, sakit, mengartikan kebiasaan kucing, membedakan perilaku kucing jantan dan betina, serta ada juga postingan tentang tips untuk mengadopsi kucing Persia supaya tidak salah pilih. Kekuatan dari blog ini adalah kedetailan informasi yang diberikan, serta diperkuat dengan gambar-gambar kucing yang lucu dan menggemaskan. Setelah membaca blog ini, tentunya Anda yang memiliki kucing Persia tidak akan salah membedakan setiap tanda yang dilakukan kucing.
Family blog
Masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan. Setiap peristiwa yang terjadi di masa kanak-kanak akan menjadi bagian dari lembaran kisah hidup yang terasa indah saat dikenang di masa dewasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengabadikan setiap momen di masa kanak-kanak, baik melalui foto yang disimpan di album kenangan ataupun melalui sebuah blog. Itu pula yang dilakukan Hadz Anshari Hijriani dan Muh. Nadzirin Anshari Nur, yang mendokumentasikan pengalaman buah hati mereka, Nur Naylah Nabighah Hadz Anshari yang berumur dua tahun, dalam sebuah blog bernama Naylah Nabighah. Sisi menarik dari blog ini adalah, setiap postingan dibuat dengan sudut pandang Naylah. Sehingga seolah-olah Naylah sendiri yang berceloteh tentang kejadian sehari-hari yang dialaminya dengan kalimat-kalimat sederhana ala bocah. Dalam blog ini, kita diajak untuk menyimak cerita Naylah saat makan ikan di pelelangan ikan, saat Nayla terkena alergi, pergi ke Bone, mengunjungi benteng Roterdam, saat menunggu senja di Losari, serta cerita-cerita lainnya, lengkap dengan foto-foto Naylah yang menggemaskan. Ingin menyimak serunya cerita Naylah? Yuk berkunjung ke blognya.