1. gerakkan kaki ke atas ke bawah (supaya gerakan kaki lentur)
biasakan 30 kali setiap pagi biar kakinya rileks
2. ibu jari bertemu gerakkan kaki berputar berlawanan.
kemudian balikkan putaran kakinya.(setiap pagi 30x)
3. duduk bersila,, tangan di atas lutut. tekan lutut sampai lutut
bagian dalam terasa. tekan sampai terasa kemudian kembali.
Lakukan gerakan ini setiap pagi selama 30 x
4. lakukan hal seperti nomor 3. tekan lutut lebih kuat dan tahan selama 2 detik
kemudian lakukan gerakan tersebut selama 30x
5. gerakan anti parises.
kaki di tekuk tangan ke belakang. mengangkat kaki bagian tengah dengan syarat
ibu-ibu jari harus lurus. (mengantisipasi bayi pada saat 7 bulan yang membuat pembuluh
darah tertekan sehingga membuat parises) tarik jari kaki kemudian di lepas kembali.
lakukan gerakan ini 30x
6. meregangkan otot2 perut.
posisi merangkak, lutut dan lengan sejajar.
merapatkan kedua pantat kempiskan perut dan tundukkan kepala naikkan punggung stingi-tingginya
kemudian lepas kepala menghadap ke depan.
lakukan gerakan ini selama 30x
7. Latihan anti sungsang (supaya kepala bayi masuk ke panggul)
merangkak seperti gerakan nomor 6. letakkan dada di kasur. kepala miring ke kiri. siku di
longgarkan selonggar mungkin. posisi tetap, kepala miring ke kanan. letakkan dada di kasur.
lakukan gerakan ini sesering mungkin.
8. latihan pernapasan.
tidur telentang, angkat lutut. gunakan pernapasan perut. tangan di taruh di pusar.
tarik napas yang dalam dari hidung buang napas tiup lewat mulut.
lakukan gerakan ini sesering mungkin.
9. latihan pernapasan untuk bayi
tidur telentang, angkat lutut. gunakan pernapasan perut. tangan di taruh di bawah dada.
tarik napas yang lebih dalam dari hidung buang napas tiup lewat mulut.
lakukan gerakan ini sesering mungkin. (tidak perlu harus telentang, duduk di mobil juga boleh)
10. Latihan pernapasan dada.
tidur telentang, angkat lutut. gunakan pernapasan perut. tangan di taruh di atas dada.
tarik napas yang dalam dari mulut buang napas tiup lewat mulut.
lakukan gerakan ini sesering mungkin.
11. peregangan paha
luruskan kaki kanan, jatuhkan lutut sebelah kiri ke arah lutut sebelah kanan.
luruskan kaki kanan, jatuhkan lutut sebelah kanan ke arah lutut sebelah kiri.
lakukan gerakan ini 30 x.
12. tidur telentang, kedua tangan di regangkan. rapatkan kedua pantat, kempiskan perut.
rapatkan kedua paha angkat kedua kaki lepaskan kedua kaki ke kiri dan ke kanan.
kembali lepas. lurukan kedua kaki.
selama 30 x.
13. tidur telentang, lutut di angkat kemudian lutut di buka ke dua arah dan di tutup terus lakukan gerakan ini
selama 30 x.
14. tidur telentang, kaki kanan di luruskan kemudian lutut sebelah kiri di angkat,
kemudian tarik panggul pada kaki kanan kemudian di lepas atau regangkan. lakukan hal yang sama di sebelah kiri.
lakukan gerkaan ini selama 30x
15. tidur tanpa bantal (gerakan supaya tidak terjadi wasir)
kedua lutut di rapatkan, kemudian angkat panggul ke atas. kemdian turunkan secara perlahan-lahan.
latihan ini di lakukan selama 30 x