Sekilas, mungkin Anda melihatnya sebagai bola rugby namun sebenarnya yang Anda lihat adalah telur terbesar di dunia.Telur dengan diameter 23,1 centimeter itu berasal dari salah satu ayam betina milik Tony Barbouti.Sedangkan,panjang telur dari ayam betina bernama Harriet itu adalah 11,4 cm yaitu lebih panjang sekitar 1 cm dari telur terbesar sebelumnya. Sementara itu, nilai lingkar telur terbesar itu sekitar 14 cm.

Pemiliknya yang berprofesi sebagai seorang pengemudi taksi dari Eastwood, dekat kota Essex mengaku sangat terkejut dengan keberadaan telur itu. “Ayam betina saya menelurkan telur besar, namun yang satu ini benar-benar membuat saya terkejut,” ujar Barbouti.

“Harriet adalah ayam betina yang masih muda, hanya berusia sekitar enam bulan dan baru saja bertelur,” tuturnya.

“Dia sedikit limbung, namun saat ini sudah lebih baik. Saya sangat bangga padanya. Dia tampaknya tidak terlalu terpengaruh dan masih memproduksi telur,” jelasnya.

Telur itu memiliki berat 168 gram, tergolong kecil dibandingkan dengan pemegang rekor dunia yang memiliki dua kuning telur dan kulit telur ganda.

Seekor anjing jenis Boxer milih Barbouti hampir saja memecahkan telur tersebut karena menjatuhkan kotak khusus untuk pemotretan, sehingga agak retak. Meskipun tampak masih utuh secara keseluruhan.