4 huruf yang bermakna banyak,,,

Di akhir minggu ini,,,,, saya melakukan sesuatu dengan kata ini…. memaafkan seseorang yang berulang kali… dan meminta maaf berulang kali pada seseorang….. dengan 4 huruf ini banyak orang salah mengartikan.., di sebuah film komedi kata ini menjadi ciri khas sebuah tokoh…. kata tersebut merupakan ungkapan jika seseorang melakukan kesalahan, mengingkari sebuah janji, meredamkan suasana yang emosi padahal memang dia sendiri tidak berbuat salah, menjaga perasaan orang yang kita sayangi, mengukuhkan sebuah ikatan antar seseorang, menguatkan kepercayaan seseorang pada kita dan masih banyak lagi….

kata itu adalah sebuah kata yang singkat, tapi susah untuk di ucapkan jika kita memang merasa sangat bersalah atas kejadian yang kita kerjakan.. baik itu kita perbuat atau kita tidak perbuat… kadang-kadang kita sendirilah yang harus bijak untuk mengatakan 4 huruf tersebut…. untuk menjaga perasaan orang-orang yang kita sayangi… tapi untuk mengucapkan kata tersebut harus di dasari dengan hati yang terdalam…jangan dengan emosi… jika di campur dengan emosi… bukan kata maaf kembali yang akan muncul tapi akan ada kata sebelum kata maaf…. (tak ada/tiada **** bagimu) menyesal memang jika kita melakukan hal itu.. yang bisa kita lakukan hanyalah diam dan mencoba memberi pengertian yang sedalam-dalamnya kepada orang-orang tersebut. yang bisa kita liat dari kumpulan kata di atas adalah maaf bisa memberikan keindahan…tapi kadang jika salah melangkah bisa memberi kita pertengkaran… jika itu sampai terjadi… cobalah meminta maaf lagi sampai dia benar-benar mengampuni….

Dalam kehidupan adalah hal yang wajar bila sesekali kita merasa marah atau menghadapi kemarahan orang lain, yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengontrol atau mengendalikan rasa marah tersebut agar tidak menimbulkan hal-hal yang akan disesali dikemudian hari. Seandainya ada perbuatan kita yang melukai orang lain maka sudah selayaknya kita segera meminta maaf, dan sebaliknya kita cenderung akan marah bila merasa tersakiti, tetapi kalau orang tersebut meminta maaf akankah kita tetap mengeraskan hati untuk tidak menerimanya ?

Seseorang yang mau meminta maaf ataupun memaafkan berarti ia mempunyai hati yang terbuka, hati yang memasang telinga dan hati yang mau menerima.

Aku tahu aku tidak layak dimaafkan Tetapi….. Maafkan Aku 

Meskipun mungkin aku tidak termaafkan, aku tetap minta maaf.. 

Walaupun memang kamu benar untuk tidak memaafkan aku 

Aku mohon maafkan lah aku ya , maafkan aku…. 

Aku yang tidak patut untuk dimaafkan memohon maaf darimu 

Untuk yang terakhir kalinya , walaupun engkau tidak ingin memaafkan aku

Aku ingin meminta maaf untuk yang terakhir ….sekali lagi 

 

Jadi masihkah meminta maaf dan memaafkan itu hal yang sulit ?