Di Kebun Raya Bogor, yang merupakan atraksi wisata idaman warga Kota Hujan dan sekitarnya, beredar satu mitos tersohor. Mitosnya seputar Jembatan Merah, yang dikabarkan banyak menelan korban putus cinta.
Jembatan Merah salah satu yang simbolis di Kebun Raya Bogor. Kabarnya, bila pasangan berpacaran melewati jembatan ini, maka kisah cintanya akan segera berakhir.Mitos yang tak beredar tak hanya itu. Kabarnya lagi, bila yang berjalan di Jembatan Merah ini adalah sepasang laki-laki dan perempuan yang tak memiliki hubungan apa-apa, maka hubungan mereka akan segera berubah ke tingkat pacaran dan akan langgeng hingga jenjang pernikahan.Mitos ini sudah beredar sejak lama, namun tampaknya tak mempengaruhi pasangan muda-mudi yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Pasalnya masih terlihat aja beberapa pasangan yang santai menyeberang di jembatan ini.

“Mitos saja itu, aku sudah sering banget kok ke sini sama pacar dan teman-teman, tapi enggak pernah ada yang putus,” kata Astrid, siswi SMAN 1 Bogor, yang datang bersama pacar dan beberapa teman sekolahnya.

Hal senada diungkapkan salah seorang pemandu wisata Kebun Raya Bogor, Gayana. Dia yakin itu hanyalah mitos yang disebarkan pengunjung sendiri. “Mungkin pernah ada yang punya pengalaman buruk, habis ke Kebun Raya terus putus. Tidak ada bukti yang pasti untuk hal ini,” ujarnya.

Fenomena Jembatan Merah justru membuat penasaran orang-orang yang datang untuk ‘menantang’ kebenarannya. Jembatan ini juga terkenal sebagai lokasi syuting FTV ataupun film dan sinetron sejak dahulu kala.

Jadi ini salah satu reason atau alasannya… dan juga berlaku untuk mitos di beberapa tempat lain di indonesia…. tanah lot, batu malang, dll…. yang lalu biarkan berlalu.. bukalah lembaran baru…
1958_43115256131_7589_n