Juzz Amma,, adalah juzz terakhir dari Al-Quran. Surat yang pertama adalah An-Naba (78) yang memiliki arti berita besar..
1. Pengingkaran orang-orang musyrikterhadap adanya hari berbangkit dan ancamanAllah terhadap sikap mereka itu
2. Kekuasaan-kekuasaan Allah yang terlihat dalam alam sebagai bukti adanya hari berbangkit
3. Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari berbangkit
4. Azab yang diterima orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah serta kebahagiaan yang diterima orang-orang mukmin di hari kiamat
5. Penyesalan orang kafir di hari kiamat

Surat ini pertama kali saya dengarkan pada saat pesantren kilat di SLTPN 3 Tangerang.. Di lantunkan oleh salah seorang teman saya yang bernama Rio Devriza.. Pada saat itu saya begitu terpesona karena kaget 40 ayat bisa di lantunkan dengan tajwid, lafal dan penhayatan dengan sangat baik..
Waktu itupun saya mencoba untuk menghapalkan dan memahami arti dari surat itu… Subhanallah, benar-benar sebuah surat pengingat kita akan hari akhir dan juga bimbingan kita menjadi orang yang mukmin…
Minggu ini saya sangat berbahagia karena putra pertama saya sudah bisa melantunkan dan hampir hapal 40 ayat tersebut. Walaupun agak sedikit terbata-bata tapi ingatan, hapalan, lafal, tajwid mengingatkan saya kejadian pesantren kilat tersebut, miris memang sebelumnya saya dan dia selalu mendengarkan Radio Prambors FM pada pagi hari dengan pembawa acara Desta dan Gina… Dia selalu hapal dengan lagu-lagu musik barat seperti “all of me”, ” you got something i need” dan lain-lain.. Sampai suatu ketika dia berbicara dengan orang tuanya “miss dong dong speaking”,,, hahahaha lucu memang… Dengan mengikuti suara logat nycta gina yg cempreng…
Tapi sedih banget… Dan miris.. Karena ke egoisan kita yang mau mengikuti perkembangan musik terbaru.. Sampai2 anak jadi kebawa sama acara/music yang kalo kita pikirkan lebih dalam tidak pantas buat anak seumur dia..
Setelah membaca dan banyak informasi.. Saya pun mulai mencari2 apa yang sebenarnya cocok buat anak saya… Istri tercinta pun menyarankan untuk mendownload surat2 pendek… Akhirnya…
Hanya dalam kurun waktu satu bulan dia bisa melantunkan ayat suci Al-Quran…

Tetap semangat kaka aledaffa,, mudah2an juzz amma bisa hapal ya sebelum kamu Sekolah Dasar…

Kita ibaratkan saja juzz amma sebagai salah satu album musik band terkenal saat ini…… Yang selalu kita dengungkan saat menuju ke sekolah GIMS,,,

Target OSOM (one surah one month),,,
Mudah2an tercapai ya target kita…

aledaffa messi satria melantunkan An-Naba